Wednesday, 27 January 2010

SMANSA Fair 7

SMANSA Fair (SF).

Sebuah perayaan ulang tahun bagi SMANSA (SMAN 1 Kota Serang) dengan ngadain bazaar dan pensi secara besar-besaran.
Kenapa besar-besaran??
Karena ini bukan sembarang pensi, selain ada beberapa band lokal (yang gaul, LoL) yang tampil juga biasanya di penghujung acara ada guest star-nya.
Guest star disini bukan band sembarangan dan bukan band lokal loh. Tapi band nasional yang udah cukup terkenal. Band-band yang pernah tampil di acara SMANSA Fair diantaranya ada Rocket Rockers, The Cangcuters, The S.I.G.I.T dan band-band lainnya.
Selain itu, acara SF ini juga ada kontes pemilihan Bujang-Gadis SMANSA Fair nya loh.

Nah, untuk SMANSA Fair 7 yang diadakan Sabtu-Minggu, 23-24 Januari 2010 ini OSIS SMANSA mengundang Tipe-X sebagai Guest Star. Sebenernya sih tadinya mau ngundang Vierra, tapi sayangnya Vierra udah ada yang booking duluan. So, jadinya Tipe-X deh.
Dan, OSIS juga ngadain lomba masak plus lomba fotografi.

Hemm, agak gimana gitu posting tentang SMANSA Fair 7. Kenapa?
Karna mungkin ini SF yg terakhir kalinya buat filia sebagai murid SMANSA. But I hope in the next SF filia bisa nonton SF lagi tapi udah sebagai mahasiswi di salah satu PTN favorit amiin :D

Sebagai murid kelas 12, awalnya filia ngerasa persiapan buat SF tuh cuma buang-buang waktu. Ya gak sih kalo dibandingin belajar demi lulus UN dari pada bercapek ria di kelas nyiapin segala macem ini-itu?
Tapi entah kenapa pas hari Jumat yang notabene keadaan anak kelas 12 tuh lagi pada capek termasuk filia sendiri, tapi kita (SJB) tetep semangat bikin dekor buat stand kelas kita. Yeah, walaupun awalnya anak-anak cowok pada susah kuadrat dimintain tolongnya tapi akhirnya kita bisa saling bantu juga.

Dari jam 11.00 am sampe jam 06.00 pm filia dan beberapa temen cewek di dalam kelas bikin dekor ABCDE dkk, mulai dari background stand, payung hias alay, bikin daftar menu, sampe bikin gantungan kecil-kecil dari origami. Pulang ke rumah jam 06.30 pm tapi jam 07.30 pm udah di sekolah lagi dengan rambut basah baru mandi buat ngedekor stand kelas. Bayangin aja, rumah udah kayak tempat transit dah, just an hour filia di rumah dan itu cuma buat makan plus mandi aja. Tapi untungnya tepat 09.30 pm fiia udah nyampe ke rumah dengan selamat karna anak-anak cowok SJB banyak yang bantu ngedekor.

Biarpun udah nyampe rumah, tapi tetep aja belum bisa tidur dengan tenang karna harus menghias peci se-ALAY mungkin buat sang bujang, yah katanya sih supaya matching gitu deh dengan payung alay yang dibawa ama sang gadis. Baru jam 00.30 am filia bisa tidur nyenyak.

Nih, beberapa hasil dokumentasi yang filia ambil waktu SF 7 kemaren, Mulai dari persiapan (bikin dekor) sampe dokumentasiin guest star yang lg manggung.

Firstly, ini nih sibuknya SJB prepare ini-itu di kelas (Jumat, 22 Januari 2010).




prepare


bikin daftar menu dan menghias payung alay


Secondly, beberapa foto di stand (Sabtu, 23 Januari 2010)










narsis di belakang stand
bersama bujang-gadis SJB
Mengenai Bujang-Gadis, mereka ini dijuluki pasangan fenomenal loh. Sayangnya cuma gadisnya aja yang masup 5 besar, bujangnya gak masuk karna gak ikut tes tertulis sebelumnya.

Yang ketiga ini adalah dokumentasi guest star-nya (Minngu, 24 Januari 2010)












Tipe-X di SMANSA Fair 7

Meskipun dokumentasinya kurang bagus yang penting ada bentuk konkretnya sebagai kenang-kenangan *maksa* ahahaha..

video
Nah, ini merupakan video berupa lagu penutup yang Tipe-X bawain.
Sayang sekali filia ga punya video ataupun foto x-friend nya pas lagi joget-joget, padahal seru abis dah! :D

Capek.
Yeah, satu kata itu yang menggambarkan ketidaksukaan yang kita rasain dari SF.
Tapi dibalik semua itu, SMANSA Fair 7 amat sangat dan super duper SERUUUUUUU...!!!!

-Filia-

Pemotretan Buku Tahunan

Telat telat telat lat lat lat....
Telat banget baru posting sekarang, harusnya dari minggu kemaren. Tapi apa boleh buat, keadaan ngga memungkinkan untuk ngeblog karna harus mengurus beberapa makalah dan sebuah naskah pidato.
But it's ok, yang penting masih bisa posting.


Kamis, 21 Januari 2010

Inilah hari dimana fili
a dan temen-temen SJB (XII IPS 3) pemotretan buat Buku Tahunan (BuTa). Sebelum pemotretan, banyak banget kendalanya.
Pertama, kita sempet adu argumen tentang tema dan konsep BuTa-nya mau gimana.
Kedua, Nentuin tempat buat pemotretan yang pas dimana karna keinginan anak cowok beda dengan anak cewek.

Ketiga, nentuin waktu yang tepatnya kapan, karena tau sendirilah kelas 12 itu sibuknya gimana, ada yang mesti bimbel, privat dan belum lagi setiap orang punya kepentingan masing-masing dengan keluarganya yang mungkin waktunya bentrok dengan jadwal pemotretan
BuTa. Mana waktu pemotretannya cuma sehari, itupun ga dari pagi tapi dari jam pulang sekolah (2.00 pm).

Tapi Alhamdulillah, semua itu dapat teratasi juga dan kita nemuin satu titik kesep
akatan. Resultnya adalah pemotretan BuTa dilakukan Kamis, 21 Januari 2010 dari pukul 2.00 pm sampai selesai. Tempatnya sepakat di Sekolah, Studio Band, Rumah salah satu teman kita (sekalian ngecat baju untuk foto penutup) dan terakhir sebagai foto penutup kita ambil settingnya di kebun kubil. Semua itu berjalan lancar sampai proses pemotretan selesai. Pemotretannya sendiri memakan waktu sekitar 4 jam, jadi jam 6.00 pm kita udah bisa pulang ke rumah masing-masing.

Mau tau gimana repot dan serunya proses pemotretan SJB??
Lihat aja hasil dokumentasi karya personil SJB ini..












foto: cuci tangan pake thinner dan jemuran baju yang udah dicat


abis ngecat dan ngejemur baju, foto duluuu






















keunikan anak-anak cowok SJB di sela-sela waktu pemotretan

foto lagiiiiii


Itulah sebagian foto wajah-wajah bahagia dengan keunikan dan kenarsisan tersendiri dari setiap karakter anak-anak SJB. Dan masih banyak lagi foto yang ngga bisa filia upload karna capek masukinnya. hehehe....

Ada lagi foto yang pengen filia masukin, foto langsung dari sang fotografer. Tapi sayangnya foto itu termasuk konsep BuTa. Kalo di upload duluan ke blog sekarang nanti ga surprise dan bosen liatnya. So, nanti lagi deh upload foto BuTa-nya kalo BuTa udah jadi dan udah di tangan masing-masing anak SMANSA.

-Filia-

Wednesday, 13 January 2010

Simple Statements in English

Don't be such a show off
"Jangan berlaga begitu"

I dislike his shine
"Aku ga suka akal bulusnya"

Search me
"Mana kutahu"

It goes without saying
"Ga usah diomongin lagi"

You don't said so
"Ah, masa iya.."

Just saying the word
"Ngomong aja"

Everything goes a long just the same
"Segala sesuatu berjalan seperti biasa"

Get a long, don't be stop
"Maju terus, pantang mundur"

I will get by my self
"Aku bisa jaga diri sendiri"

May i get by please..
"Numpang lewat.."

Let me think it over
"Biarkan aku memikirkannya dulu"


-Filia-

Friendship Sonnet

When to the session of sweet silent thought
I summon up remembrance of things past,
I sigh the lack of many a thing I sought,
And with old woes new wail my dear time's waste:
Then can I drown an eye, unused to flow,
For precious friends hid in death's dateless night,
And weep afresh love's long since cancelled woe,
And moan the expense of many a vanish'd sight:
Then can I grieve at grievances foregone,
And heavily from woe to woe tell o'er
The sad account of fore-bemoaned moan,
Which I new pay as if not paid before.

But if the while I think on thee, dear friend,
All losses are restored and sorrows end.

"William Shakespeare"

-Filia-

Saturday, 9 January 2010

Coklat



What do you think if I say "chocolate" or "coklat"??
Pasti langsung terbayang coklat yang amat sangat manis dan lezaaaaaattt deh, seperti yang di gambar itu tuh ;)


Sejarah Coklat

Coklat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon Utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan mungkin juga membuat "coklat" di sepanjang teluk di selatan Meksiko sekitar 1000 tahun SM. Peradaban pertama yang mendiami Meso-Amerika itu mengenal pohon "kakawa" yang buahnya dikonsumsi sebagai minuman.

Kakao atau kokoa sangat penting dalam kebudayaan Meso-Amerika masa itu, yaitu Suku Maya, Toltec dan Aztec. Mereka memanfaatkan biji kokoa (cocoa bean) sebagai mata uang di semua wilayah itu. Suku Maya dari Guetamala Utara mengambil istilah cocoa dari bangsa Olmec. Diperkirakan kebiasaan minum coklat Suku Maya dimulai sekitar tahun 450 SM-500 SM. Konon, konsumsi coklat dianggap sebagai simbol status penting pada masa itu. Suku Maya mengonsumsi coklat dalam bentuk cairan berbuih ditaburi lada merah, vanila atau rempah-rempah lain.


Zat yang Terkandung dalam Coklat

Rasa coklat masih sulit didefinisikan. Dalam bukunya Emperors of Chocolate, Joel Glenn Brenner menggambarkan riset terkini tentang rasanya. Tampaknya, rasa coklat tercipta dari campuran 1200 macam zat, tanpa satu rasa yang jelas-jelas dominan. Sebagian dari zat itu rasanya sangat tidak enak jika berdiri sendiri. Karenanya, sampai kini belum ada rasa coklat tiruan.

Diantara zat-zat penghasil rasa coklat terdapat lemak. Titik leleh lemak kokoa ini hanya sedikit di bawah normal suhu tubuh manusia. Kalau kita memakan sepotong coklat, lemak itu lumer di dalam mulut. Lumernya lemak kokoa menimbulkan rasa lembut mirip beludru di mulut yang khas. Lemak kokoa tidak langsung diserap tubuh karena bukan dari jenis yang dapat menggemukkan tubuh. Tuh kan, jadi engga perlu takut gemuk ya kalau makan coklat.


Manfaat Coklat

Dengan mengonsumsi coklat, tubuh mampu menghasilkan antioksidan yang dapat membantu mencegah serangan jantung dan mempertahankan daya tahan tubuh. Menurut American Dietetic Association, semakin murni coklat yang dikonsumsi, akan semakin besar keuntungan yang diperoleh. Karbohidrat yang dibentuk senyawa kimia dalam coklat dalam coklat menghasilkan serotonin, yang membantu stimulasi otak sehingga kita merasa santai dan juga tenang. Itu sebabnya kalau orang stes suka makan coklat.

Sebatang coklat juga akan memenuhi 15% kalsium dan juga magnesium yang dibutuhkan tubuh kita. Meskipun terkadang coklat kurang bagus untuk gigi, namun coklat baik untuk dikonsumsi dalam jumlah kecil dan secara teratur. Sebuah studi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa coklat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang dan proses penyembuhan.

Penggemar coklat pantas bergembira, karena sekeping coklat hitam terbukti mampu memperlancar peredaran darah. Riset yang dipimpin dr. Valentine Yanchou Njike dari Yale Prevention Research Center, yang dilansir Reuters, menyebutkan, coklat hitam memiliki kandungan theobromin, phenethylamine dan kafein yang jika dikonsumsi secara seimbang dan tepat akan membantu fungsi pembuluh darah.


Nah, kalau tadi teman-teman baca tulisan filia dengan cermat, pasti akan bijak dalam mengonsumsi semua makanan, termasuk coklat. Jika coklat dimakan dengan porsi yang sesuai alias tidak berlebihan, pasti hasilnya akan membuat tubuh sehat.

Selamat makan coklat, Chocolate Lovers!

-Filia-

Kucing

Kucing, Felis silvestris catus, adalah sejenis karnivora. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa, harimau, dan macan.
Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang manyimpan hasil panen.
Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Kucing
Cat03.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Karnivora
Famili: Felidae
Genus: Felis
Spesies: F. silvestris
Upaspesies: catus
Nama binomial
Felis silvestris catus
Linnaeus, 1758

Karakteristik

Kucing peliharaan atau kucing rumah adalah salah satu predator terhebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau memakan beberapa ribu spesies— kucing besar biasanya kurang dari 100. Tetapi karena ukurannya yang kecil, kucing tidak berbahaya bagi manusia— satu-satunya bahaya yang dapat timbul adalah kemungkinan terjadinya infeksi rabies akibat gigitan kucing. Kucing dapat berakibat fatal bagi suatu ekosistem yang bukan tempat tinggal alaminya. Pada beberapa kasus, kucing berperan atau menyebabkan kepunahan. Kucing menyergap dan melumpuhkan mangsa dengan cara yang mirip dengan singa dan harimau — menggigit leher mangsa dengan gigi taring yang tajam sehingga melukai saraf tulang belakang atau menyebabkan mangsa kehabisan napas dengan merusak tenggorokan.

Kucing kampung memangsa seekor tikus rumah (Rattus rattus diardii)
Kucing dianggap sebagai "karnivora yang sempurna" dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi premolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Meskipun ciri ini juga terdapat pada famili Canidae atau anjing, tapi ciri ini berkembang lebih baik pada kucing. Tidak seperti karnivora lain, kucing hampir tidak makan apapun yang mengandung tumbuhan. Beruang dan anjing kadang memakan buah, akar, atau madu sebagai suplemen jika ada sementara kucing hanya memakan daging, biasanya buruan segar. Dalam penangkaran, kucing tidak dapat diadaptasikan dengan diet vegetarian karena mereka tidak dapat mensintesis semua asam-asam amino yang mereka butuhkan hanya dengan memakan tumbuhan; berbeda dengan anjing peliharaan, yang sering diberi makan produk campuran daging dan sayuran dan kadang dapat beradaptasi dengan diet vegetarian secara total.
Meskipun memiliki reputasi sebagai hewan penyendiri, kucing biasanya dapat membentuk koloni liar tetapi tidak menyerang dalam kelompok seperti singa. Setiap kucing memiliki daerahnya sendiri (jantan yang aktif secara seksual memiliki daerah terbesar, sedang jantan steril memiliki daerah paling kecil) dan selalu terdapat daerah "netral" dimana para kucing dapat saling mengawasi atau bertemu tanpa adanya konflik teritorial atau agresi. Di luar daerah netral ini, penguasa daerah biasa akan mengejar kucing asing, diawali dengan menatap, mendesis, hingga menggeram, dan bila kucing asing itu tetap tinggal, biasanya akan terjadi perkelahian singkat. Kucing yang sedang berkelahi menegakkan rambut tubuh dan melengkungkan punggung agar mereka tampak lebih besar. Serangan biasanya terdiri dari tamparan di bagian wajah dan tubuh dengan kaki depan yang kadang disertai gigitan. Luka serius pada kucing akibat perkelahian jarang terjadi karena pihak yang kalah biasanya akan lari setelah mengalami beberapa luka di wajah. Jantan yang aktif biasanya sering terlibat banyak perkelahian sepanjang hidupnya. Hal ini tampak pada berbagai luka di bagian wajah, seperti hidung atau telinga. Kucing betina kadang juga terlibat perkelahian untuk melindungi anak-anaknya bahkan kucing steril pun akan mempertahankan daerah kecilnya dengan gigih.
Melihat dari perilaku kucing yang ada saat ini, kucing liar yang merupakan nenek moyang kucing peliharaan diperkiraan berevolusi pada iklim gurun. Kucing senang dengan suasana hangat dan sering tidur di bawah hangatnya sinar matahari. Kotorannya biasanya kering dan kucing lebih suka menguburnya di tempat berpasir. Kucing dapat mematung, tidak bergerak cukup lama terutama ketika sedang mengintai mangsa atau bersiap untuk "pounce". Di Afrika Utara masih ditemukan kucing liar yang mungkin berkerabat dekat dengan nenek moyang kucing peliharaan saat ini.
Karena memiliki kekerabatan yang dekat dengan binatang gurun, ketahanan kucing terhadap panas dan dinginnya iklim daerah subtropis agak terbatas. Kucing tidak tahan terhadap kabut, hujan, dan salju, meskipun ada beberapa jenis seperti Norwegian Forest Cat dan Maine Coon yang mampu bertahan; dan berusaha mempertahankan suhu tubuh normalnya, yaitu 39°C, dalam keadaan basah. Kebanyakan kucing tidak suka berendam dalam air, kecuali jenis Turkish Van.

Empat ekor anak kucing sedang disusui induknya.
Masa kehamilan atau gestasi pada kucing berkisar 63 hari. Anak kucing terlahir buta dan tuli. Mata mereka baru terbuka pada usia 8-10 hari. Anak kucing akan disapih oleh induknya pada usia 6-7 minggu dan kematangan seksual dicapai pada umur 10-15 bulan. Kucing dapat mengandung 4 janin sekaligus karena rahimnya memiliki bentuk yang khusus dengan 4 bagian yang berbeda.
Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kilogram dan jarang melebihi 10 kg. Bila diberi makan berlebihan, kucing dapat mencapai berat badan 23 kg. Tapi kondisi ini amat tidak sehat bagi kucing dan harus dihindari. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, kucing tertua diketahui berusia 36 tahun. Kucing peliharaan yang tidak diperbolehkan keluar rumah dan disterilkan dapat hidup lebih lama (mengurangi risiko perkelahian dan kecelakaan). Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.
Kucing peliharaan yang tinggal di dalam rumah harus diberi kotak kotoran yang berisi pasir atau bahan khusus yang dijual di toko hewan peliharaan. Perlu juga disediakan tempat khusus bagi kucing untuk mencakar. Hal ini penting karena kucing memerlukan kegiatan mencakar ini untuk menanggalkan lapisan lama pada kukunya agar kukunya dapat tetap tajam dan terjaga kesehatannya. Tidak adanya tempat khusus ini akan menyebabkan kucing banyak merusak perabotan.
Sering kali kucing menunjukkan perilaku memilih makanan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki organ pembau khusus di langit-langit mulutnya yang disebut sebagai organ vomeronasal atau organ Jacobson. Ketika organ ini terstimulasi oleh suatu jenis makanan tertentu, kucing akan menolak makanan selain makanan itu.

Mata kucing. Perhatikan membrana nictitans berupa selaput putih di sudut dalam ruang mata.
Kucing dapat melihat dalam cahaya yang amat terang. Mereka memiliki selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit. Meskipun demikian, penyempitan ini juga mengurangi bidang pandang kucing. Suatu organ yang disebut tapetum lucidum digunakan dalam lingkungan dengan sedikit cahaya. Organ inilah yang menyebabkan warna-warni mata kucing ketika difoto dengan menggunakan blitz. Seperti kebanyakan predator, kedua mata kucing menghadap ke depan, menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. Mata kucing memiliki persepsi trikomatik yang lemah.
Ketika cahaya yang ada terlalu sedikit untuk melihat, kucing akan menggunakan "kumis" atau misainya (vibrissae) untuk membantunya menentukan arah dan menjadi alat indera tambahan. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil, membuat kucing dapat mengetahui adanya benda-benda di sekitarnya tanpa melihat.
Kucing memiliki kelopak mata ketiga yang disebut membrana niktitans. Kelopak ketiga ini terdiri dari suatu lapisan tipis yang dapat menutupi mata dan nampak ketika mata kucing terbuka. Membran ini menutup sebagian ketika kucing sedang sakit. Kadang kucing yang amat mengantuk atau gembira juga memperlihatkan membran ini.
Suara kucing sering ditulis "meong" dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing ditulis "meow". Di negara Inggris sendiri, penulisannya adalah "miaow", "miaow" dalam bahasa Perancis, "miau" dalam bahasa Jerman, "nya" dalam bahasa Jepang dan berbagai penulisan lain dalam berbagai bahasa. Suara "meong" kucing memiliki berbagai arti tergantung pengucapannya oleh si kucing. Kucing juga dapat mengeluarkan suara seperti dengkuran panjang yang sering disukai manusia. Karena suara ini bukan merupakan suara vokal, maka kucing dapat mengeluarkan suara dengkuran dan mengeong pada saat yang sama.
Umumnya semua daun telinga kucing tegak. Tidak seperti pada anjing, kucing dengan telinga terlipat amat jarang ditemukan. Jenis Scottish Fold adalah salah satu jenis kucing dengan mutasi genetik yang langka ini. Ketika marah atau takut, daun telinga kucing jenis ini akan tertekuk ke belakang sementara si kucing mengeluarkan suara menggeram atau mendesis. Ketika mendengarkan suatu suara, daun telinga kucing akan bergerak ke arah sumber suara; daun telinga kucing dapat mengarah ke depan, ke samping, bahkan seolah menoleh ke belakang.
Kucing termasuk hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat, tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadang kala kucing memuntahkan hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perut mereka.
Kucing menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13-14 jam. Tetapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.

Jenis-jenis kucing peliharaan

Ras

Jumlah jenis kucing ras di seluruh dunia amat banyak. Setiap ras memiliki ciri khusus, tapi karena sering terjadinya kawin silang antar ras, banyak kucing yang hanya dikelompokkan dalam jenis bulu panjang dan bulu pendek, tergantung jenis rambut penutup tubuhnya.
Ada banyak macam ras kucing, beberapa diantaranya :
  • Manx
Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.
  • Maine Coon
Asalnya dari Maine, AS, keturunan Angora dan American Shorthair. Sifatnya lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Bulunya tipis, lembut, dan warnanya beragam.
  • British Shorthair
Dikembangkan di Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.
  • Burmese (Burma)
Kucing ini dibiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing ratu wong mau (Burma) dan siam. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura. sifatnya periang dan lucu.
  • Chinchilla longhair
Inilah kucing persia paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi dalam dua macam, yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).

Macam warna

Kucing memiliki banyak warna dan macam pola. Ciri fisik ini tidak bergantung pada rasnya. Kucing rumahan dikelompokkan ke dalam jenis berikut berdasar penampakan fisiknya :
  • bulu pendek
  • bulu panjang
  • oriental (bukan ras khusus, semua kucing yang bertubuh langsing, mata berbentuk almond, daun telinga lebar, dan rambut tubuh halus yang pendek)
Gen yang mengatur warna dan pola pada bulu kucing menentukan penampilan fisik dari kucing yang membedakan mereka ke dalam:
Telon atau Calico
putih dengan sedikit bercak warna hitam atau oranye (atau biru atau krem). Orang Jepang sering menyebut pola ini sebagai mi-ke. Karena gen warna bulu bertaut dengan kelamin, kucing Calico yang beraneka warna ini umumnya betina.
Tortoiseshell
hitam dengan warna oranye dan putih tersebar di seluruh tubuhnya. Kucing yang memiliki warna hitam, oranye terang, dan oranye gelap disebut sebagai Calimanco atau Clouded Tiger.
Tabby
bergaris dengan bermacam pola. Pola klasik pada kucing ini berbentuk bulatan-bulatan atau lingkaran. Tabby jenis mackerel mempunyai tiga garis yang tampak di samping tubuhnya, membuat kucing ini seperti ikan mackerel.
Maltese
nama lama dari kucing biru (abu-abu).
Bicolor (dua warna)
disebut juga Tuxedo cat atau Jellicle cat karena memiliki bulu berwarna hitam dengan sedikit warna putih pada bagian kaki, perut, dada, dan mungkin pula di bagian wajah.

Domestikasi

Seperti halnya hewan yang telah mengalami domestikasi (penjinakan), kucing hidup dalam hubungan mutualistik dengan manusia. Tapi sejarah mutualisme ini jauh lebih pendek dibandingkan dengan hewan domestikasi yang lain dan tingkat domestikasi kucing juga masih diperdebatkan. Karena keuntungan yang diperoleh dari adanya kucing, maka manusia membiarkan kucing liar berkeliaran di pemukiman. Nenek moyang kucing rumahan tidak terlalu dekat dengan pemiliknya, berbeda dengan hewan domestik yang lain. Sejarah inilah yang mungkin menyebabkan tidak adanya ikatan yang kuat yang dimiliki kucing pada pemiliknya. Akibatnya, kebanyakan pemilik kucing menganggap kucing adalah hewan yang tidak terlalu peduli dan mandiri. Namun, kucing dapat sangat dekat dengan pemiliknya, terutama jika ia dibesarkan sejak kecil dan sering mendapatkan perhatian.

Aspek budaya

Pada masa silam diyakini bahwa nenek moyang kucing adalah Miacis, binatang liar pada masa Eosen yang sosoknya mirip musang, kira-kira 50 juta tahun silam.
Catatan paling awal tentang usaha domestikasi kucing adalah sekitar tahun 4000 SM di Mesir, ketika kucing digunakan untuk menjaga toko bahan pangan dari serangan tikus. Namun, baru-baru ini dalam sebuah makan di Shillourokambos, Siprus, bertahun 7500 SM, ditemukan kerangka kucing yang dikuburkan bersama manusia. Karena tikus bukanlah hewan asli Siprus, hal ini menunjukkan bahwa paling tidak pada saat itu, telah terjadi usaha domestikasi kucing. Kerangka kucing yang ditemukan di Siprus ini mirip dengan spesies kucing liar yang merupakan nenek moyang kucing rumahan saat ini.

Sebuah topeng perunggu digunakan dalam pemakaman mumi kucing di Mesir kuno.
Pada tahun 1.800-an ditemukan suatu kuburan atau tepatnya "situs" berisikan 300.000 mumi kucing dalam keadaan masih utuh, yang menandakan dahulu kucing memang suatu hewan yang spesial. Orang Mesir kuno menganggap kucing sebagai penjelmaan Dewi Bast, juga dikenal sebagai Bastet atau Thet. Hukuman untuk membunuh kucing adalah mati, dan jika ada kucing yang mati kadang dimumikan seperti halnya manusia.
Di abad pertengahan, kucing sering dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan dibakar atau dilempar dari tempat tinggi. Beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa takhyul seperti inilah yang menyebabkan wabah Black Death menyebar dengan cepat. Black Death diperkirakan merupakan sebuah wabah penyakit pes di Eropa pada abad ke-14. Cepatnya penyebaran wabah ini menyebabkan banyak orang waktu itu percaya bahwa setanlah yang menyebabkan penyakit tersebut. Pernyataan Paus menyebutkan bahwa kucing yang berkeliaran dengan bebas telah bersekutu dengan setan. Karena pernyataan ini, banyak kucing dibunuh di Eropa pada saat itu. Penurunan jumlah populasi kucing menyebabkan meningkatnya jumlah tikus, hewan pembawa penyakit pes yang sesungguhnya.
Saat ini, orang masih percaya bahwa kucing hitam adalah pembawa sial sementara ada yang percaya bahwa kucing hitam justru membawa keberuntungan. Kucing juga masih diasosiasikan dengan sihir. Kucing hitam sering diasosiasikan dengan Halloween. Penganut wicca dan neopaganisme yang lain mempercayai bahwa kucing sebenarnya baik, mampu berhubungan dengan dunia lain, dan dapat merasakan adanya roh jahat.
Di Asia, kucing termasuk ke dalam salah satu zodiak Vietnam. Namun kucing tidak termasuk ke dalam zodiak Tionghoa. Menurut legenda, ketika Raja Langit mengadakan pesta untuk hewan yang akan dipilih menjadi zodiak, ia mengutus tikus untuk mengundang hewan-hewan yang telah dipilihnya. Bagian cerita ini dikisahkan dalam berbagai versi, tikus lupa untuk mengundang kucing, tikus menipu kucing mengenai hari pesta, dan berbagai variasi lainnya. Pada akhirnya kucing tidak hadir dalam pesta itu, tidak terpilih menjadi hewan zodiak, sehingga memiliki dendam kesumat pada tikus.
Dalam syariat Islam, seorang muslim diperintahkan untuk tidak menyakiti atau bahkan membunuh kucing, berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari kisah Abdullah bin Umar dan Abu Hurairah.
Hukum menjual dan membeli kucing pun dalam syariat Islam adalah haram hukumnya berdasarkan dalil hadits Nabi Muhammad dan kaidah fiqih (al-qawa’id al-kulliyah). Dalil hadits Muhammad, diriwayatkan dari sahabat Jabir bin Abdillah bahwasanya sang Nabi telah melarang memakan kucing dan melarang pula memakan harga kucing. Hadits Muhammad itu menjadi dalil haramnya memakan kucing dan memperjual-belikan kucing. Jadi Umat Islam diharamkan untuk memperdagangkan kucing sebagaimana mereka diharamkan memakan daging kucing.

Sumber: Wikipedia

-Filia-

Friday, 8 January 2010

Capeeeekkk

Beneran deh filia ngerasa capeeeekk banget. Sejujurnya capek yang dialami karna ketidaksiapan filia jadi siswi kelas 12. Gimana engga capek, setiap hari selalu pulang sore karena harus bimbel.

Bukan cuma capek fisik yang dialami, tapi capek pikiran juga. Otak terlalu diforsir buat belajar, belajar, dan belajar. Cuma sedikit waktu untuk istirahat.
*sigh*

Padahal belum genap seminggu menjalani semester 6, tapi kesibukan dan kelelahannya udah kayak masuk sekolah non stop 12 bulan (?)
Mungkin kedengarannya lebay, berlebihan, hiperbola, or anything lah sesuka hati mau nyebutnya apa. Yang jelas karna terlalu banyak kegiatan dalam rangka mempersiapakan UN, SNMPTN ataupun persiapan untuk masuk PTN seperti SIMAK UI atau PMDK, otak dan pikiran filia bener-bener jadi monoton.

Engga tau kenapa filia jadi ngerasa kehilangan ide buat ngerjain sesuatu supaya hidup ini engga ngebosenin, tapi susah. Filia ga bisa lagi yang namanya bebas buka facebook sesuka hati, engga bisa sering tweeting, dan engga bisa sering posting blog karna bingung mau posting apaan.

Sebenernya kalau mengenai posting blog, bukannya engga punya ide aja, tapi karna engga punya waktu luang juga. Kalaupun ada waktu luang biasanya filia lebih milih untuk istirahat atau tidur, kalau engga ya baca-baca buku pelajaran sambil istirahat.

Nah, monoton banget kan hidup filia sekarang ini?!
*sigh*

Belum lagi mikirin biaya buat test PTN atau PMDK ke PTN yang super duper menguras kantong orang tua. Cuma beli formulir (yang notabene kertas), tapi harganya bisa mencapai ratusan ribu. Bahkan harga formulir terendah untuk tahun 2010 ini berkisar Rp. 200.000,00 (belum termasuk biaya administrasi tambahan). Bayangin kalau filia mau daftar ke PTN nya lebih dari satu universitas, bisa jebol kantong orang tua cuma buat beli kertas formulir aja.

Indonesia....
Indonesia...
Entah mau sampai kapan biaya pendidikan melambung tinggi gini, padahal universitas yang jadi incaran filia tuh berstatus NEGERI tapi tetep aja biayanya engga ketulungan
.

-Filia-

Sajak Persahabatan (Kahlil Gibran)

Dan seorang remaja berkata, bicaralah pada kami tentang persahabatan.

Dan dia menjawab:
Sahabat adalah keperluan jiwa yang mesti dipenuhi.
Dialah ladang hati yang kau taburi dengan kasih dan kau tuai dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.
Karena kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa butuh kedamaian.

Bila dia bicara, mengungkapkan pikirannya, kau tiada takut membisikkan kata "Tidak" di kalbumu sendiri,
Pun tiada kau menyembunyikan kata "Ya"
Dan bilamana ia diam, hatimu tiada 'kan hentimencoba merangkum bahasa hatinya.
Karena tanpa ungkapan kata, dalam rangkuman persahabatan, segala pikiran, hasrat, dan keinginan terlahirkan bersama dengan sukacita yang utuh, pun tiada terkirakan.

Di kala berpisah dengan sahabat, janganlah berduka cita,
Karena yang kau kasihi dalam dirinya, mungkin lebih cemerlang dalam ketiadaannya,
Bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki,
Nampak lebih agung daribada tanah ngarai daratan.

Dan tiada maksud lain persahabatan kecuali saling memperkaya ruh kejiwaan.
Karena kasih yang menyisakan pamrih, di luar jangkauan misterinya, bukanlah kasih,
Tetapi sebuah jala yang ditebarkan: hanya menangkap yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu.
Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenal pula musim pasangmu.
Gerangan apa sahabat itu hingga kau senantiasa mencarinya, untuk sekadar bersama dalam membunuh waktu?
Carilah ia untuk bersama menghidupkan waktu!
Karena dialah yang bisa mengisi kekuranganmu, bukan mengisi kekosonganmu.
Dan dalam manisnya persahabatan, biarkanlah ada tawa ria berbagi kebahagiaan.
Karena dalam titik-titik kecil embun pagi, hati manusia menemukan fajar jati dan gairah segar kehidupan.

"Kahlil Gibran"

-Filia-

 


Designed by Filia