Tuesday, 31 January 2012

Review Liburan

Bagi kebanyakan mahasiswa yang tinggal di kota orang, libur semester adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu. Alasannya tentu saja karena bisa pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga. Begitu juga dengan saya. Tapi seperti biasa, libur semester ganjil bagi saya ya bukan liburan. Sama seperti tahun sebelumnya, libur semester ganjil kali ini juga saya tidak bisa pulang ke Serang karena harus berurusan dengan kegiatan kampus yang cukup menyita waktu.

Kurang lebih sekitar dua minggu mendapat jatah libur dari universitas. Minggu pertama liburan, saya gunakan untuk latihan Paduan Suara Jurusan Bahasa Jerman (Deutschstudentenchor – DSC). Tepat Sabtu, 21 Januari 2012 kami pun menggelar konser di Centre Culturel Français de Bandung dengan tema Neujahrskonzert (Konser Tahun Baru) sekaligus turut merayakan hari Perancis-Jerman. Dalam konser ini, sekitar 20 lagu-lagu klasik Jerman ditambah sebuah lagu keroncong Indonesia yang dibahasa Jermankan berjudul Bengawan Solo kami bawakan. Konser ini juga merupakan konser kedua DSC setelah sebelumnya menggelar konser pada 30 Juni 2011 dengan tema Ein kleines Konzert.

Salah satu foto di back stage saat sela-sela konser

Liburan pada minggu berikutnya, saya gunakan untuk mengabdikan diri pada masyarakat atau lebih dikenal dengan nama Pengabdian Pada Masyarakat (P2M). P2M merupakan salah satu kegiatan besar Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman (Deutschstudentenverband – DSV) Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan ini diadakan setahun sekali. Untuk tahun 2012 ini, kami memilih Cianjur sebagai pusat perhatian untuk mengabdikan diri. Tepatnya di Dusun Pasarean, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.

Kegiatan yang dilaksanakan Selasa-Minggu, 24-29 Januari 2012 ini memang panitia intinya dari angkatan saya, angkatan 2010, dengan panitia tambahan dari angkatan 2011 dan Steering Committee (SC) dari angkatan 2009 dan tamu undangan dari berbagai angkatan bahkan alumni hingga dosen senior. Well, saya sendiri di kepanitiaan inti kebagian jadi koordinator divisi acara. Kebayang enggak gimana jobdesknya? Repot dan riweuh bukan main. Memang selama saya masuk dalam kepengurusan Badan Eksekutif - DSV setiap ada acara udah langganan masuk divisi acara, tapi belum pernah menjabat sebagai koordinator (ya iyalah, kan tahun kemaren masih angkatan paling bontot di jurusan).

P2M tahun lalu, P2M 2011, tempat saya di divisi HUMAS. Awalnya, P2M tahun ini saya ingin di divisi pendidikan dan memang disetujui oleh ketua pelaksana (ketuplak) dengan jabatan koordinator divisi pendidikan. Saya senang dengan berbagai hal yang berbau pendidikan, jadi saya juga senang mendapat tempat di sini. Tapi begitu fiksasi kepanitiaan inti, saya dipindahkan ke divisi acara berdasarkan rekomendasi dari SC, ketuplak dan teman-teman panitia lain. Argumen penolakan dari saya didengar tapi tidak diterima. Sialnya, forum setuju 100%. Akhirnya saya mengalah dan menyetujui keputusan forum. Enggak tau kenapa bisa nerima juga, mungkin naluri hati saya bilang ‘oke’ dengan yakin kalau saya bisa.

Ya, dua kegiatan tersebut memang dua kegiatan yang mendominasi liburan saya kali ini. Melelahkan tapi juga memuaskan. Satu hal yang bikin dada saya sesak karena kegiatan-kegiatan tersebut. Lebih tepatnya mungkin karena persiapan yang sangat menyita waktu. Hal-hal tersebut membuat IP saya semester ini menukik keren. Ya, IP saya seperti flying fox. GREAT! Tapi menyesal juga enggak ada gunanya. Semester depan harus bisa dapet IP 4 deh ya hahaha. Satu kalimat yang saya ingat ketika hasil belajar selama satu semester ini berantakan, “kita harus bisa membedakan mana yang seru dan mana yang penting” (dikutip dari ‘Hari untuk Amanda‘). Sepertinya kemaren itu saya belum bisa membedakan seru dan penting.

Lalu, bagaimana dengan P2M 2012 itu sendiri?
Tentu saja banyak cerita, dari yang bikin senyum, bikin ketawa, bikin terharu sampai yang bikin nangis dan ngebatin. Tunggu postingan selanjutnya! ; )

- Filia -

Sunday, 1 January 2012

Falling Slowly

Sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Glen Hansard & Markéta Irglová. Lagu yang berjudul Falling Slowly ini merupakan Original Soundtrack dari Film 'Once' (2006) yang diperankan juga oleh dua penyanyi tersebut. Lagu lama memang, tapi asik di telinga. Dengerin dan nyanyiin yuk!


I don't know you
But I want you
All the more for that
Words fall through me
And always fool me
And I can't react
And games that never amount
To more than they're meant
Will play themselves out

Take this sinking boat and point it home
We've still got time
Raise your hopeful voice you have a choice
You've made it now

Falling slowly, eyes that know me
And I can't go back
Moods that take me and erase me
And I'm painted black
You have suffered enough
And warred with yourself
It's time that you won

Take this sinking boat and point it home
We've still got time
Raise your hopeful voice you had a choice
You've made it now

Take this sinking boat and point it home
We've still got time
Raise your hopeful voice you have a choice
You've made it now
Falling slowly sing your melody
I'll sing along

- Filia -

 


Designed by Filia