Sunday, 18 March 2012

Berkenalan dengan GEMA PENA

GEMA PENA, GERAKAN MAHASISWA PENDIDIKAN NASIONAL. Saya bingung mau menjelaskan dan mulai bercerita dari sisi mana mengenai gerakan yang baru saya ikuti ini. Saya juga bingung bila ditanya deskripsi GEMA PENA itu apa. Menurut saya pribadi, GEMA PENA itu sendiri suatu wadah yang di dalamnya berisi pejuang-pejuang pendidikan yang sedang berusaha mewujudkan mimpinya untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Well, saya enggak bisa mendeskripsikan secara rinci GEMA PENA itu seperti apa, karena memang tidak terdefinisi. Kenapa demikian? Pertama, mungkin saya belum mengenal terlalu dalam apa itu GEMA PENA karena saya masih sangat baru dalam lingkungan ini. Kedua, deskripsi dari GEMA PENA itu sendiri sebenarnya kegiatan atau realisasi dari mimpi-mimpi kami di dalamnya. Yang jelas, tidak mudah masuk ke sini dan hanya orang-orang kuat penuh tekad yang dapat bertahan di dalamnya. Kegiatannya tentu saja tidak jauh-jauh dari pendidikan. Tapi bukan berarti pendidikan di sini hanya mengajar atau mendidik anak bangsa saja, melainkan lebih dari itu. Misalnya untuk tahun ini adalah program "BOS Watch" yang sedang digalakkan oleh GEMA PENA.

Sedikit ulasan, baru hari ini saya bisa berkumpul dan bertemu muka dengan keluarga GEMA PENA. Dari pertemuan pertama saja saya sudah mendapat kesan "Luar Biasa" terhadap orang-orang yang ada di dalamnya. Mereka, kami, mau berusaha memperbaiki dan mentransfer ilmu kepada yang membutuhkan. Bukan dengan cara mengobral omong lewat demo atau mengutuki pemerintah, tapi dengan bergerak dan direalisasikan dalam perbuatan. Dari pada mengutuki kegelapan, lebih baik kita nyalakan lilin. Ya, begitulah beberapa deret kata yang saya ingat dari hasil "Sekolah Peradaban" siang tadi.

Tidak sabar untuk segera turun ke kampung atau desa terpencil dan mengabdi di bawah payung pendidikan. Berbagi ilmu, kemudian saling bertukar dan merasakan pengalaman hidup bersama anak-anak yang terpinggirkan oleh pemerintah yang asik memajukan Sekolah BerTARIF Internasional itu.

- Filia -

3 comments:

Ria Nugroho said...

apapun definisinya menurutku itu gerakan yang positif, semangat Filia berjuang untuk pendidikan :)

Andy said...

setiap orang punya cara memperbaikin negeri ini,mungkin salah satu Gema Pena tsb
sebuah langkah awal dr kebangkitan negeri ini

Aya Mouri said...

semangat ya kak, langkah awal yang bagus buat majuin pendidikan Indonesia. fighting!

 


Designed by Filia