Friday, 1 July 2011

Ein kleines Konzert


Kamis, 30 Juni 2011 kemarin adalah hari yang ditunggu-tunggu. Sebuah mini konser dari Deutschstudentenchor atau disingkat 'DSC' (Paduan Suara Mahasiswa Bahasa Jerman UPI) bertajuk Ein kleines Konzert: Deutsche Volkslieder und die Werke von Komponisten (A Mini Concert: German Folk Songs and The Works from Composser) yang udah dirancang dari jauh-jauh hari terselenggara juga. Latihan demi latihan yang filia dan temen-temen DSC jalanin akhirnya terbayar lunas.

Selama persiapan konser banyak kendala pastinya, mulai dari awal-awal latihan banyak anggota yang bolos dan males-malesan, sampe beberapa hari menjelang konser banyak yang tumbang kondisi fisiknya. Tapi semua itu enggak bikin semangat anggota DSC berkurang.


Foto bersama setelah konser

Konser ini merupakan konser pertama DSC setelah berdiri hampir dua tahun. Cukup sederhana tapi memberi kesan 'Jerman banget' (kata penonton sih gitu, hehehe). Konser ini menampilkan 18 lagu klasik dan lagu rakyat Jerman dari beberapa komposer ternama seperti Mozart, Beethoven, Schubert, Rheinberger, Haydn, Johann Strauss dan komposer ternama lainnya.

Mungkin bagi yang enggak suka musik klasik kurang mengenal nama-nama tadi. Jujur, filia sendiri juga awalnya cuma kenal sedikit komposer lagu-lagu klasik. Tapi setelah gabung dengan DSC jadi kenal lebih banyak lagi. Belum genap satu tahun jadi anggota padus Jurusan Bahasa Jerman ini, tapi udah banyak ilmu yang filia dapat. Bukan cuma pengetahuan tentang lagu klasik atau lagu rakyat Jerman aja, tapi juga cara menyanyikan lagu klasik, latihan vokal dan memperlancar Aussprache. Nambah temen juga nambah pengalaman.

Detik-detik menjelang konser (backstage)

Ah ya, ternyata menyanyikan lagu klasik itu susah juga loh sodara-sodara, beda dengan cara menyanyikan lagu pop. Salah-salah malah kadang bisa kedengeran kayak lagi ngedangdut. Lebih parah lagi kalau kata Om Dian (pelatih dan pendiri DSC yang juga mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman UPI) kedengeran 'kampung'. Belum lagi ditambah susahnya ngucapin kata demi kata dalam bahasa Jerman. Tapi justru itu tantangannya. Hidup kan enggak asik kalau enggak ada tantangan (sombooooong hahaha).

Balik lagi ke topik awal: Mini Konser DSC. Beberapa kesulitan yang sebagian tadi filia jelasin akhirnya teratasi juga dengan latihan secara konsisten. Hasilnya konser DSC berjalan lancar. Sukses! Dapat standing applause dan banyak yang bilang wunderbar. Alhamdulillah.. Gott sei Dank! Mungkin emang enggak seratus persen sempurna. Niemand ist vollkommen (Nobody is perfect), tapi yang jelas kita udah berusaha seoptimal mungkin untuk menampilkan yang terbaik.

Terima kasih banyak buat semua pihak yang udah mendukung dan membantu terealisasinya ein kleines Konzert ini, terutama untuk seluruh panitia dan dua pianis (Teh Tiur dan Anis) dari Jurusan Pendidikan Seni Musik UPI yang udah rela mengorbankan waktu liburnya. Vielen Dank!

- Filia -

 


Designed by Filia