Saturday, 31 December 2011

Saya, Blog dan Bahasa

Hari ini hari terakhir di tahun 2011. Tepatnya Sabtu, 31 Desember 2011. Seperti yang teman-teman blogger lihat, blog ini udah lama enggak diurus oleh pemiliknya. Alasannya sibuk kuliah, padahal tugas enggak banyak dan jadwal kuliah juga enggak padat. Mungkin lagi asik punya kegiatan baru di kampus. Jadi panitia ini itu dan mengurus mahasiswa baru 2011 yang masih polos seperti saya tahun lalu saat pertama kali menjadi mahasiswa. Maklum, senang karena baru punya adik tingkat dan berarti enggak jadi ‘anak bungsu‘ lagi di kampus. Akhirnya terjerumus ke dalam himpunan mahasiswa, organisasi (katanya) atau apalah itu namanya.

Lalu, kenapa saya tiba-tiba menulis di blog pada akhir tahun pula? Saya juga enggak tahu. Ada sesuatu yang menggerakkan jemari saya untuk kembali menulis di blog. Entah apa.

Rasanya cara menulis saya juga udah beda. Enggak tau kenapa. Bisa jadi karena udah lama enggak nulis atau mungkin karena pengaruh umur. Ditambah lagi blog saya juga makin ke sini makin beda. Apa bedanya? Bahasa. Dari awal blog ini konsepnya harus pake bahasa Indonesia karena saya cinta Indonesia. Tapi setelah diperhatikan dari awal posting sampai sekarang, ternyata banyak terkontaminasi bahasa asing. Mulai dari bahasa Inggris, bahasa Jerman sampai bahasa Korea. Untung saya belum mulai menyalurkan minat untuk belajar bahasa Jepang dan bahasa Perancis.

Ngomongin bahasa, saya emang suka belajar bahasa. Sampai bahasa isyarat pun ingin bisa. Kalau bisa sih aneka bahasa daerah Indonesia juga ingin bisa, enggak cukup kalau bahasa Sunda dan bahasa Jawa (pas-pasan) aja.

Balik lagi ke blog yang udah terkontaminasi bahasa asing. Saya sadar bahasa Indonesia yang digunakan untuk blog ini pun bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bukan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Emang sengaja dari awal udah dibuat begitu, supaya enggak terlalu baku dan kaku. Tapi untuk memasukkan bahasa asing ke dalam blog ini benar-benar diluar konsep.

Semula saya pikir cukup nama dan tema blog aja yang ada unsur asingnya. Nama diambil dari bahasa Jerman sedangkan tema diambil dari warna bendera Jerman dan bendera Indonesia tentu saja. Dengan maksud mengagumi negara Jerman tapi tetap mencintai Indonesia. Tapi lama-kelamaan di dalam tulisan bahkan judul tulisan pun ada yang menggunakan bahasa Jerman. Kalau bahasa Inggris masih saya anggap wajar, karena emang bahasa internasional dan pengaruh globalisasi juga (bukan westernisasi ya). Tapi ya udahlah, bahasa Jerman menyelinap tulisan saya pun enggak apa-apa. Itung-itung memberi sedikit pengetahuan bahasa ke teman-teman blogger (yang baca tulisan saya dan enggak kenal bahasa Jerman tentu saja). Yang penting masih bisa dimengerti.

Berhubung ini tepat akhir tahun, boleh dong berbagi harapan buat blog ini untuk tahun 2012. Harapannya banyak tapi yang penting adalah semoga pemilik blog ini bisa terus memelihara blognya, jangan sampai terbengkalai seperti satu semester ke belakang. Ich schreibe gern irgendetwas und ich liebe die Sprache (saya suka menulis apapun dan saya mencintai bahasa).

Frohes neues Jahr!
Happy new year!
Selamat tahun baru 2012!

- Filia -

3 comments:

Gamer_GPM said...

keadaan yang sama pun terjadi dengan saya. Hampir setahun sempat rehat dari dunia blog, tp beberapa hari yang lalu saya kembali membuat kesibukan dengan blog saya.
Mampir yah kalau ada kesempatan.
Happy new year filia..

volverhank said...

Selamat tahun baru 2012 !! Moga sukses ya di tahun ini :D

ayo tahun ini mulai rajin ngeblog lagi hehe
btw di blog saya di www.volverhank.net ya hhi

uci cigrey said...

Filia :) gimana kabar, wah uda lama yah ngga posting, sibuk kuliah yah, prasaan pas kenal pertama masi smu yeh :p

 


Designed by Filia