Friday, 30 April 2010

Keep Spirit!!!

Well, well, well.........
Selama empat hari ini tiba-tiba mood buat blogging hilang. Ehm, entah alasannya apa. Yang pasti setelah pengumuman Ujian Nasional (UN) bukannya semangat blogging malah maleeeeeessss... Eits, tapi jangan salah kaprah, filia males blogging bukan karna ga lulus UN, nyatanya filia LULUS UN :D

Mungkin, mungkin nih ya ga tau bener engganya, filia males blogging karena NEM yang menurut filia kurang memuaskan, walaupun rata-ratanya masih diatas 8 tapi tetep filia engga puas. Atau mungkin sedih karena liat temen-temen se-Indonesia yang seangkatan di tv pada engga lulus dan histeris sampai ada yang bunuh diri. Di sisi lain, banyak siswa-sisiwi yang merayakan kelulusan dengan hura-hura engga karuan. Mulai dari corat-coret seragam sampai ada para siswi yang melepas jilbabnya serta merobek rok panjangnya karena lulus UN. Sungguh budaya yang amat sangat tidak perlu dicontoh dan tidak perlu dilestarikan.

Kalau temen-temen tanya apa yang filia lakuin buat ngerayain UN? Sederhana aja, baca hamdalah, sujud syukur dan jalanin nazar sekalian berdoa supaya temen-temen yang belum lulus akan lulus dalam ujian ulang nanti. Engga ada makan-makan atau jalan-jalan dengan temen. Semua bentuk perayaan kelulusan yang kita lakukan harus menghormati yang belum lulus. Sebisa mungkin memberi semangat pada mereka, mengatakan bahwa kita akan merayakan kelulusan bersama setelah mereka lulus dari ujian ulang. Simpel, engga pake acara ngeluarin uang buat beli apa itu namanya barang-barang yang buat corat-coret dan engga perlu merusak pakaian.


KEEP SPIRIT!!!

Mungkin memang cuma dua kata, tapi filia yakin artinya lebih dari itu. Sebenernya filia pengen ngucapin kata-kata tersebut untuk temen-temen se-Indonesia yang lagi down (mungkin) karena dinyatakan lulusnya tertunda. Filia harap mereka engga kecil hati apalagi sampai bunuh diri seperti yang sering terjadi karena mereka merasa dirinya gagal. Orang yang gagal hanyalah orang yang merasa dirinya gagal. So, kegagalan itu engga ada, kawan. Semua itu hanyalah kesuksesan yang masih tertunda. Maka jemput dan raihlah kesuksesan itu. Keep Spirit! :D

-Filia-

Saturday, 24 April 2010

UNO

Libur nyaris seminggu tapi cuma stay at home aja. Ehm, sebenernya sih bukan libur, tapi apa yaa? Masa lengang mungkin. Biasalah, siswa-siswi kelas 12 kan kalo udah selesai masa-masa sulit (UN, UAS, UP) biasanya pada engga masuk sekolah. Temen-temen seangkatan lain sih pada les, bimbel, privat dan intensif sana-sini buat persiapan test di beberapa Perguruan Tinggi Negeri. Tapi filia engga. Buat apa coba? Kan udah dapet PTN (sombooooong :p) *disambit*

Nah, untuk mengisi masa-masa lengang yang notabene dilakuin di rumah ini, filia mengisinya dengan bermain UNO, permainan yang biasa filia mainkan dengan temen-temen sekolah. Lebih tepatnya permainan yangdi sering filia mainkan 2,5 tahun lalu, ketika masih di tahun pertama SMA. Yah, walaupun kali ini mainnya cuma sendirian. Bingung kenapa mainnya cuma sendirian? Yap, karena walaupun filia punya mama, papa, kakak dan adik tapi mereka sibuk dengan kerjaannya masing-masing. Hanya saya seorang yang nganggur dirumah (halaaaaaahhh). Tapi emang bisa ya main UNO sendirian? Bukannya harus ada partner mainnya gitu? Bisa dong, kan mainnya di Facebook, namanya UNO.

gambar dari om gugel

Sebenernya sih, main UNO baik secara manual (main langsung face to face) maupun melalui facebook, atau mau melalui apapun medianya, cara mainnya sama aja. Mungkin emang ada sedikit perbedaan, tapi sekali lagi filia tekankan, basic nya sih SAMA.

Dari tadi UNO, UNO, UNO dan UNO terus.
Apa sih UNO itu?

UNO (bahasa Spanyol dan Italia : "satu") adalah sebuah permainan kartu yang mulai dikembangkan pada 1971 oleh Merle Robbins. Sekarang ini UNO merupakan salah satu produk dari Mattel, sebuah perusahaan terbesar (dilihat dari pendapatannya).

gambar dari kak wiki (wikipedia, maksudnya :p)


Mau tau penjelasan labih lanjut mengenai kartu UNO?
Ini dia kutipannya....
Gambar Kartu UNO dicetak khusus, bukan seperti Kartu Remi biasa. Jumlah Kartu UNO ada 112 kartu (pada intruksi aturan resmi dari Mattel ada 108 kartu padahal jika dihitung ada 112 kartu), terdiri dari kartu warna merah, kuning, hijau, biru dengan angka 0-9 dan kartu-kartu spesial. Kartu warna merah, kuning, hijau dan biru memiliki nomor dari ‘0′ – ‘9′, untuk kartu dengan nomor ‘1′ – ‘9′ berjumlah 2 kartu untuk setiap warna.

Kartu warna dengan nomor ‘0′ = 4 (setiap warna punya 1 kartu ini)
Kartu ini berfungsi untuk bertukar kartu dengan pemain lain. Jika ada yang menurunkan kartu ‘0′ ini, maka kartu yang sedang dipegang pemain saat ini menjadi kartu milik pemain berikutnya sesuai urutan giliran main yang sedang berjalan.
Note
: Nah ini dia yang luput dari perhatian kita pada saat main UNO. Ternyata kartu ‘0’ memiliki keunikan khusus dan tidak dimainkan s
eperti kartu bernomor lainnya. Next play, kita terapin ya..

Kartu warna tanpa nomor = 4 (setiap warna punya 1 kartu ini)
Saat kartu ini di turunkan seorang pemain, maka semua pemain wajib menumpangkan tangan diatas kartu ini, sehingga akan membuat tumpukan tangan diatas kartu dan tangan pemain yang berada di tumpukan paling atas akan terkena pinalti.
Note : Hmm.. sepertinya kita ga pernah liat kartu yang satu ini deh. Kembali ke pembahasan diatas mengenai jumlah kartu, kita biasa memainkan UNO dengan 108 kartu (tanpa ‘kartu warna tanpa nomor’) sedangkan yang 112 kartu mungkin ini tipe permainan yang menggunakan ‘kartu warna tanpa nomor’.

Draw Two Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Draw Two)
Kartu ini hanya bisa dilawan dengan kartu +2 dan kartu wild +4. Jika saat giliran main tidak punya kartu +2 atau kartu wild +4 maka akan terkena pinalti.

Wild Card with Draw Four = 4
Kartu ini hanya bisa dilawan dengan kartu +4 saja dan yang mengerluarkan kartu ini boleh bebas meminta kartu warna apa yang dimainkan pemain selanjutnya. Jika pemain berikutnya tidak punya kartu +4 maka akan terkena pinalti.
Note : Satu lagi yang salah dalam pemainan kita. Kartu +2 dapat dilawan menggunakan kartu +2 lainnya dan boleh dilawan dengan kartu Wild +4, AKAN TETAPI (diperhatiin nih..) kartu Wild +4 ga bisa dilawan menggunakan kartu +2, dan cuma bisa dilawan dengan kartu Wild +4 lainnya. Ternyata kita sedikit keliru pada saat memainkannya. Alhasil.. ada yang dapet kartu sebogem gra2 semua bisa dilawan dengan kartu + hwahahahaha.. lucu juga yah.. tapi tetep seru kok. Tapi lain kali kita terapin yang bener ya..

Reverse Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Reverse)
Kartu ini untuk memutar arah urutan main, misalnya urutan main saat ini searah jarum jam kemudian kartu ini dikeluarkan oleh seorang pemain maka urutan main berbalik arah menjadi berlawanan dengan arah jarum jam. Pemain berikutnya adalah pemain sebelumnya dari pemain yang mengeluarkan kartu reverse karena putaran main telah berbalik arah.

Skip Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Skip)
Kartu ini untuk melewati giliran main pemain berikutnya. Misal pemain mengeluarkan kartu skip maka 1 orang pemain berikutnya dilewati.

Wild Card = 4
Kartu ini bisa melawan semua kartu warna dengan angka ‘1′-’9′ dan kemudian pemain yang mengeluarkan kartu ini boleh bebas meminta kartu warna apa yang dimainkan pemain berikutnya.

MACAM-MACAM PINALTI


Pinalti kartu warna tanpa nomor
Pemain yang tangannya berada di tumpukan paling atas mengambil 2 kartu.

Pinalti kartu Draw (kartu ‘+2′ atau ‘+4′)
Pemain yang tidak bisa melawan kartu draw, mengambil kartu sejumlah akumulasi dari kartu draw dihitung sejak kartu draw pertama. Jadi begini, jika pemain pertama menurunkan kartu +2, pemain kedua juga menurunkan kartu +2, permain ketiga menurunkan kartu +4, dan pemain keempat tidak punya kartu +4, maka pemain keempat terkena pinalti mengambil kartu sejumlah 2 + 2 + 4 = 8 kartu.

Pinalti menyebutkan kata ‘UNO’
Ini pinalti yang paling seru!! Kata ‘UNO’ dalam permainan ini sangat keramat, saat permainan dimulai pemain tidak boleh mengucapkan kata ‘UNO’ kecuali kartu pemain tersebut tinggal satu kartu. Setiap satu kata ‘UNO’ yang terucap mengambil kartu pinalti 2 buah.

TAKTIK PERMAINAN UNO

Dari penjelasan diatas dapat dilihat bahwa UNO merupakan permainan yang sangat simpel dan mudah untuk dimainkan. Semakin banyak kita bermain dan berlatih tentunya membuat kita semakin mengetahui taktik-taktik untuk memenangkan sebuah permainan UNO. Taktik-taktik yang disarankan:
  • Sebisa mungkin keluarkan secepatnya kartu terbesar yang ada ditangan. Untuk menghindari lawan mendapatkan nilai yang besar ketika menang.
  • Keluarkan terlebih dahulu kartu yang tidak mempunyai kesamaan angka dengan yang lain.
  • Pertahankan kartu joker selama mungkin, terutama kartu Wild Draw Four agar lawan kita yang sudah UNO (tinggal memilik 1 kartu) tidak dapat menang dengan mudah.
  • Konsentrasi terhadap permainan, amati kartu yang telah keluar. sering-sering melihat jumlah kartu pemain lainnya.
  • Walaupun kartu tinggal bersisa satu tidak menjamin bisa keluar sebagai pemenang karena sewaktu-waktu pemain sebelumnya bisa saja memerintahkan untuk mengambil dua kartu atau empat kartu tambahan lagi.
Sumber: http://divecom.multiply.com/journal/item/3
Setelah kartu habis pemain juga wajib mengucap ‘UNO!!’ 2 kali, jika keduluan pemain lain juga terkena pinalti.


ATURAN MAIN UNO

Permainan UNO dimainkan oleh minimal dua orang atau lebih. Semakin banyak yang bermain, maka semakin menarik permainan tersebut.

Permainan dimulai dengan membagi 7 kartu secara acak kepada masing-masing pemain. Kemudian, ambil satu kartu dari tumpukan kartu tertutup sebagai tolak awal jalannya permainan, dan sisa tumpukan kartu tertutup itu digunakan sebagai kartu yang akan diambil pemain yang terkena pinalti. Selanjutnya, pemain giliran pertama melawan kartu bukaan tadi dengan warna yang sama atau angka yang sama dilanjutkan giliran pemain kedua, ketiga dst. sesuai dengan kartu yang di buang oleh pemain sebelumnya.

Ketika kartu di tangan tersisa dua kartu, maka setelah membuang kartu berikutnya (sehingga kartu ditangan tersisa satu kartu), maka pemain yang bersangkutan WAJIB mengatakan "UNO!" sebelum lawan menunjuk pemain yang bersangkutan sambil meneriaki "UNO!". Jika tidak, maka pemain yang kartunya tinggal satu tadi akan terkena pinalti.

Intinya, pemenang UNO adalah pemain pertama yang telah menghabiskan kartu yang ada ditangannya.


MANFAAT BERMAIN UNO
Bermain UNO juga punya manfaat lain dari sekadar hiburan. Yaitu dapat merangsang otak kiri maupun otak kanan. Pemain akan mengandalkan otak kiri untuk berpikir logika dan eksak. Sedangkan otak kanan juga terangsang ketika mereka berinteraksi dan memikirkan strategi.

Bermain kartu uno dapat membentuk emosi dan kejujuran seseorang. Ini terlihat saat mereka menerima kemenangan atau kekalahan. Sehingga permainan ini memang membutuhkan IQ (intelligence quotient), EQ (emotional quotient), dan SQ (spritual quotient).

Buat temen-temen yang mau memainkannya di handphone, silahkan kunjungi: Gameloft
Kalo yang mau main lewat PC bisa download di: Rapidshare

Selamat bermain UNO ya temen-temen :D

-Filia-

Monday, 12 April 2010

Surprise....!!!!!

Selesai sudah yang namanya "Ujian Sekolah" (udah dari jumat kali selesainya -_-")
Selesai sudah yang namanya SIMAK UI (tinggal berdoa untuk hasilnya)
Tapi sayangnya Ujian Praktek belum selesai (tahaaaann, seminggu lagi..)

Selama Ujian Sekolah, belajar kayak yang mau-mau engga-engga (apasih?)
Maksudnya, males-malesan. Padahal itu nilai sama aja buat Ijazah tapi tetep aja males. Pas minggu-minggu Ujian Sekolah sempet dapet kejutan yang (bisa dibilang) mengagetkan, karena kejutan itu berkaitan dengan masa depan.

Tepatnya Rabu (malam Kamis), 7 April 2010 pukul 20.14 WIB ada SMS masuk dari seorang teman sekelas. Inti dari pesan singkat tersebut adalah bahwa filia diterima PMDK UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung. Begitu baca SMS-nya kaget dan langsung nelpon si teman untuk memastikan. Dan yaaahhh, jawabannya kurang memuaskan, dia juga cuma tau dari temannya dan emang seingat filia juga pengumumannya tanggal 27 April.

Jadilah lanjutin belajar Bahasa Jerman untuk ujian sekolah besoknya. Beberapa jam kemudian, tepat pukul 21.29 WIB ada SMS yang masuk dari teman lainnya tapi masih satu sekolah. Intinya, dia bilang kalo PMDK UPI udah ada pengumuman di website UPI-nya. Dengan semangat '45 menunda belajar dan langsung mensabotase laptop yang lagi dipake adik buat liat pengumuman. Dan tadaaaaaaa... Ternyata benar, nama Filia Danila ada di situ, dengan pilihan program studi Pendidikan Bahasa Jerman. Senang engga ketahan jadi pengen teriak, tapi engga bisa teriak (udah malam) dan cuma bisa baca Hamdalah dalam hati berulang kali.

Dengan cepat kabar menyebar. Ucapan selamat dari temen-temen lewat twitter, facebook, SMS, telepon, dan ucapan langsung (pas besoknya) datang terus-menerus. Yang bisa filia ucapin cuma makasih, makasih, makasih, dan makasih sebanyak-banyaknya :D

Ada lagi kejutan yang bikin filia ngga terlalu terkejut. Datangnya dari Pak Pos pada Sabtu (siang), 10 April 2010 sekitar jam 1-an. Kebetulan filia yang terima langsung dari Pak Pos, ternyata itu undangan dari Universitas Gunadarma mengenai kelanjutan beasiswa yang filia ajukan. What? Beasiswa? Yang mana itu ya? Sempet lama mikir, emangnya filia pernah ngajuin beasiswa ke Gunadarma? Kok tiba-tiba dapet respon tentang beasiswa? Ternyata, itu kelanjutan dari Try Out yang pernah diadakan Universitas Gunadarma di sekolah filia, dan saat itu ada semacam formulir isian untuk beasiswa. Yah, filia emang ngisi formulir itu tapi engga berharap bakal dapet. Ternyata dapet juga, Alhamdulillaaaaahhh.. Yah, walaupun itu cuma undangan untuk proses lebih lebih lanjut, tapi ga semua orang dapet undangannya, hanya orang-orang tertentu :p

Satu lagi kejutan yang filia terima. Yang ini tepat di hari Minggu, 11 April 2010 jamnya kurang tau, yang jelas waktunya siang hari.

Kejutannya adalah soal-soal SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) yang susah sulit banget banget bangeeeeeeeeeeeeeettttt......
Mual dan bikin pusing liat soalnya (udah kayak gejala ngidam :p), tapi engga semua bikin mual dan pusing juga sih. Ada sebagian yang amat sangat mudah juga ternyata. Kalo menurut filia, soal termudah adalah Geografi, Ekonomi dan Bahasa Inggris. Matematika Dasar: susah banget. IPS Terpadu: rancu. Bahasa Indonesia: perasaan option nya bener semua. Sejarah: engga sesuai harapan. Engga beres banget filia ngerjainnya. Hehehehe

Intinya sih kalo untuk SIMAK UI tinggal berdoa aja, menyerahkan semua hasilnya pada Sang Khalik. Dan kalo ternyata dapet, itu adalah sebuah keajaiban hidup, bukan lagi sebuah kejutan.

So, dapet kejutan apalagi, fi? Engga ada, cuma segitu. Sekarang malah lagi dapet bombardir tugas untuk Ujian Praktek baik hafalan ataupun tugas yang mesti dicari dulu bahannya. Berharap minggu ini cepat berlalu, pengen cepat-cepat istirahat dari rutinitas sebagai pelajar. Cari hiburan lain untuk me-refresh otak dan melakukan rutinitas belajar kembali di sebuah perguruan tinggi yang filia inginkan, mungkin di UPI.

-Filia-

 


Designed by Filia