Sunday, 31 October 2010

Mahasiswa

Apa sih yang terpikir ketika mendengar kata "mahasiswa" di telinga temen-temen blogger?
Kuliah? Kampus? Dosen? Atau demonstrasi?
Jujur, filia sendiri pertama kali ditanya apa yang berhubungan dengan mahasiswa langsung terpikir dengan demo. Kenapa? Mungkin karena waktu SMA yang filia tau kerjaan mahasiswa itu demo, demo dan demo. Tapi kenyataannya jauh dari itu loh.

Well, di sini filia ga akan membahas apa itu mahasiswa. Filia cuma mau sharing aja gimana pahit dan manisnya jadi mahasiswa. Ihiiiiyyy! maklumlah, masih hangat-hangatnya dapat gelar mahasiswa alias mahasiswa baru hehehe


Pahit.
Ternyata menjadi seorang mahasiswa itu ada pahitnya juga, dan enggak sedikit. Apa aja sih? Yuk liat listnya nih.
1. Harus sendiri
2. Banyak tugas
3. Banyak Kegiatan
4. Capek
5. Susah istirahat
6. Susah jalan-jalan

Ada bayangan mengenai gimana pahitnya jadi mahasiswa dengan list yang filia kasih?
Jadi begini, menjadi mahasiswa itu harus melakukan segala sesuatunya sendiri atau kata lainnya mandiri. Enggak bisa bermanja-manja lagi minta diurusin ini-itunya sama orang tua atau kakak, bahkan minta tolong ke teman pun segan karena teman kita sendiri juga sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Beda dengan SMA yang bisa leye-leye dan selalu mengandalkan pertolongan orang lain. Tapi kalau udah mepet sih ya bolehlah minta bantuan temen. Tapi masalahnya disini, paling hanya beberapa gelintir orang aja yang mau membantu. Nah, beberapa gelintir orang itulah yang bisa kita sebut sebagai sahabat semasa kuliah. Beda dengan SMA yang dengan seenaknya kita bisa minta bantuan ke siapapun.

Banyak tugas, banyak kegiatan dan capek itu udah pasti. Tapi ketiga hal tersebut porsinya lebih besar. Asli, dosen itu paling seneng ngasih tugas yang susah dan bejibun. Mau presentasi aja repotnya amit-amit. Dulu jaman SMA mau presentasi paling cuma nyiapin power point aja. Nah sekarang, harus nyiapin power point, makalah, soal-soal evaluasi, dkk. semuanya itu harus ada bentuk hand-outnya dan di photocopy supaya semua temen sekelas kebagian dan lebih ngerti dengan apa yang kita presentasikan. Tau enggak, itu memakan dana yang enggak sedikit dan lumayan berat kalau buat anak kos seperti filia ini. Belum lagi ditambah tugas dari organisasi himpunan jurusan yang seabreg, menyita waktu dan menyita biaya. Enggak bangeeeeeet deh, bikin capek hati, capek pikiran, capek fisik juga.

Susah istirahat dan susah jalan-jalan? Udah pasti! Karena terlalu banyak tugas dan kegiatan itulah waktu dan uang jadi cepet abis. Yang pasti filia ngerasa semakin hari waktu tidur semakin berkurang. Yang semula 8 jam sehari, jadi 7 jam, kemudian 6 jam, dan sekarang paling tidur 3-4 jam sehari.


Manis.
Bukan cuma pahit aja yang dirasain mahasiswa, ada manisnya juga dong.
1. Menjadi lebih dewasa dalam bersikap
2. Lebih leluasa mencari pengalaman hidup
3. Lebih berwawasan
4. Menjadi pribadi yang mandiri
5. Bertemu lebih banyak pribadi yang unik
6. Saat yang paling tepat untuk menemukan jati diri
7. Menjadi pribadi yang kritis dan idealis

Nah kalau yang tujuh ini susah buat dijelasin. Yang jelas, semua itu benar-benar mendidik dan menuntut filia buat berubah ke arah yang lebih baik dan disinilah bisa menemukan karakter atau jati diri filia yang sesungguhnya. Bukan lagi mencari jati diri seperti duduk di bangku SMA. Yah, meskipun kadang-kadang filia masih suka melanggar prinsip dan suka labil. Makanya kadang-kadang filia juga ngerasa masih seperti siswa SMA kelas 13. Merubah pemikiran jadi lebih dewasa emang enggak mudah. Semua itu butuh proses dan ada tahapannya. Asalkan ada kemauan dan kita berkomitmen untuk menjalaninya, pasti bisa.

Bener kan kalau mahasiswa itu bukan hanya demo kerjanya?
Mengenai demo, di jurusan filia sendiri termasuk jurusan yang anti-demo. Kalau masih ada jalur diplomasi dan jalur yang lebih baik secara damai tanpa teriakan teu puguh ya mending enggak usah lah demo-demo gitu. Buat apa? Cuma bikin capek, ngabisin waktu dan ngabisin suara aja tapi enggak didenger kita teriak di bawah terik matahari dan bahkan ada yang rela diguyur hujan.


- Filia -

3 comments:

Lauren said...

Mahasiswa bukan sekedar itu doang,
Gk sekedar mengerjakan tugas, berwawasan luas dll.
Tapi Mahasiswa merupakan Agen of Change.
Dimana memberikan perubahan serta perbaikan terhadap bangsa ini.
Serta melakukan tindakan nyata dan kongkret kepada masyarakat.

Hidup Mahasiswa.!!
:)

Filia said...

anda betuuuul saudara lauren!
sekarang banyak kemajuan ya lo bisa ngomong gitu :p
hidup mahasiswa!!

Lauren said...

Haha..
Sial..

Oh ya..pasang Banner gw dong pil..hehe

 


Designed by Filia