Skip to main content

UNO

Libur nyaris seminggu tapi cuma di rumah aja. Ehm, sebenernya sih bukan libur, tapi apa yaa? Masa lengang mungkin. Biasalah, siswa-siswi kelas 12 kan kalo udah selesai masa-masa sulit (UN, UAS, UP) biasanya pada engga masuk sekolah.

Nah, untuk mengisi masa-masa lengang yang notabene dilakuin di rumah ini, saya mengisinya dengan bermain UNO, permainan yang biasa saya mainkan dengan temen-temen sekolah. Yah, walaupun kali ini mainnya cuma sendirian. Tapi emang bisa ya main UNO sendirian? Bukannya harus ada partner mainnya gitu? Bisa dong, kan mainnya di Facebook, namanya UNO™.

gambar dari om gugel

Sebenernya sih, main UNO baik secara manual (main langsung face to face) maupun melalui facebook, atau mau melalui apapun medianya, cara mainnya sama aja. Mungkin emang ada sedikit perbedaan, tapi sekali lagi saya tekankan, dasarnya sih SAMA.

Dari tadi UNO, UNO, UNO dan UNO terus.
Apa sih UNO itu?

UNO (bahasa Spanyol dan Italia : "satu") adalah sebuah permainan kartu yang mulai dikembangkan pada 1971 oleh Merle Robbins. Sekarang ini UNO merupakan salah satu produk dari Mattel, sebuah perusahaan terbesar (dilihat dari pendapatannya).

gambar dari kak wiki (wikipedia, maksudnya :p)


Mau tau penjelasan labih lanjut mengenai kartu UNO?
Ini dia kutipannya.... 

Gambar Kartu UNO dicetak khusus, bukan seperti Kartu Remi biasa. Jumlah Kartu UNO ada 112 kartu (pada intruksi aturan resmi dari Mattel ada 108 kartu padahal jika dihitung ada 112 kartu), terdiri dari kartu warna merah, kuning, hijau, biru dengan angka 0-9 dan kartu-kartu spesial. Kartu warna merah, kuning, hijau dan biru memiliki nomor dari ‘0′ – ‘9′, untuk kartu dengan nomor ‘1′ – ‘9′ berjumlah 2 kartu untuk setiap warna.

Kartu warna dengan nomor ‘0′ = 4 (setiap warna punya 1 kartu ini) 
Kartu ini berfungsi untuk bertukar kartu dengan pemain lain. Jika ada yang menurunkan kartu ‘0′ ini, maka kartu yang sedang dipegang pemain saat ini menjadi kartu milik pemain berikutnya sesuai urutan giliran main yang sedang berjalan.
Note
: Nah ini dia yang luput dari perhatian kita pada saat main UNO. Ternyata kartu ‘0’ memiliki keunikan khusus dan tidak dimainkan s
eperti kartu bernomor lainnya. Next play, kita terapin ya..


Kartu warna tanpa nomor = 4 (setiap warna punya 1 kartu ini)Saat kartu ini di turunkan seorang pemain, maka semua pemain wajib menumpangkan tangan diatas kartu ini, sehingga akan membuat tumpukan tangan diatas kartu dan tangan pemain yang berada di tumpukan paling atas akan terkena pinalti. 
Note : Hmm.. sepertinya kita ga pernah liat kartu yang satu ini deh. Kembali ke pembahasan diatas mengenai jumlah kartu, kita biasa memainkan UNO dengan 108 kartu (tanpa ‘kartu warna tanpa nomor’) sedangkan yang 112 kartu mungkin ini tipe permainan yang menggunakan ‘kartu warna tanpa nomor’. 

Draw Two Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Draw Two) 
Kartu ini hanya bisa dilawan dengan kartu +2 dan kartu wild +4. Jika saat giliran main tidak punya kartu +2 atau kartu wild +4 maka akan terkena pinalti. 

Wild Card with Draw Four = 4
Kartu ini hanya bisa dilawan dengan kartu +4 saja dan yang mengerluarkan kartu ini boleh bebas meminta kartu warna apa yang dimainkan pemain selanjutnya. Jika pemain berikutnya tidak punya kartu +4 maka akan terkena pinalti. 

Note : Satu lagi yang salah dalam pemainan kita. Kartu +2 dapat dilawan menggunakan kartu +2 lainnya dan boleh dilawan dengan kartu Wild +4, AKAN TETAPI (diperhatiin nih..) kartu Wild +4 ga bisa dilawan menggunakan kartu +2, dan cuma bisa dilawan dengan kartu Wild +4 lainnya. Ternyata kita sedikit keliru pada saat memainkannya. Alhasil.. ada yang dapet kartu sebogem gra2 semua bisa dilawan dengan kartu + hwahahahaha.. lucu juga yah.. tapi tetep seru kok. Tapi lain kali kita terapin yang bener ya..

Reverse Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Reverse)
Kartu ini untuk memutar arah urutan main, misalnya urutan main saat ini searah jarum jam kemudian kartu ini dikeluarkan oleh seorang pemain maka urutan main berbalik arah menjadi berlawanan dengan arah jarum jam. Pemain berikutnya adalah pemain sebelumnya dari pemain yang mengeluarkan kartu reverse karena putaran main telah berbalik arah.

Skip Card = 8 (setiap warna punya 2 kartu Skip)
Kartu ini untuk melewati giliran main pemain berikutnya. Misal pemain mengeluarkan kartu skip maka 1 orang pemain berikutnya dilewati.

Wild Card = 4
Kartu ini bisa melawan semua kartu warna dengan angka ‘1′-’9′ dan kemudian pemain yang mengeluarkan kartu ini boleh bebas meminta kartu warna apa yang dimainkan pemain berikutnya.

MACAM-MACAM PINALTI
 

Pinalti kartu warna tanpa nomor
Pemain yang tangannya berada di tumpukan paling atas mengambil 2 kartu.

Pinalti kartu Draw (kartu ‘+2′ atau ‘+4′)
Pemain yang tidak bisa melawan kartu draw, mengambil kartu sejumlah akumulasi dari kartu draw dihitung sejak kartu draw pertama. Jadi begini, jika pemain pertama menurunkan kartu +2, pemain kedua juga menurunkan kartu +2, permain ketiga menurunkan kartu +4, dan pemain keempat tidak punya kartu +4, maka pemain keempat terkena pinalti mengambil kartu sejumlah 2 + 2 + 4 = 8 kartu.

Pinalti menyebutkan kata ‘UNO’
Ini pinalti yang paling seru!! Kata ‘UNO’ dalam permainan ini sangat keramat, saat permainan dimulai pemain tidak boleh mengucapkan kata ‘UNO’ kecuali kartu pemain tersebut tinggal satu kartu. Setiap satu kata ‘UNO’ yang terucap mengambil kartu pinalti 2 buah. 


TAKTIK PERMAINAN UNO
Dari penjelasan diatas dapat dilihat bahwa UNO merupakan permainan yang sangat simpel dan mudah untuk dimainkan. Semakin banyak kita bermain dan berlatih tentunya membuat kita semakin mengetahui taktik-taktik untuk memenangkan sebuah permainan UNO. Taktik-taktik yang disarankan: 

  • Sebisa mungkin keluarkan secepatnya kartu terbesar yang ada ditangan. Untuk menghindari lawan mendapatkan nilai yang besar ketika menang. 
  • Keluarkan terlebih dahulu kartu yang tidak mempunyai kesamaan angka dengan yang lain. 
  • Pertahankan kartu joker selama mungkin, terutama kartu Wild Draw Four agar lawan kita yang sudah UNO (tinggal memilik 1 kartu) tidak dapat menang dengan mudah. 
  • Konsentrasi terhadap permainan, amati kartu yang telah keluar. sering-sering melihat jumlah kartu pemain lainnya. 
  • Walaupun kartu tinggal bersisa satu tidak menjamin bisa keluar sebagai pemenang karena sewaktu-waktu pemain sebelumnya bisa saja memerintahkan untuk mengambil dua kartu atau empat kartu tambahan lagi. 
Sumber: http://divecom(dot)multiply(dot)com/journal/item/3

Setelah kartu habis pemain juga wajib mengucap ‘UNO!!’, jika keduluan pemain lain juga terkena pinalti.


ATURAN MAIN UNO

Permainan UNO dimainkan oleh minimal dua orang atau lebih. Semakin banyak yang bermain, maka semakin menarik permainan tersebut.

Permainan dimulai dengan membagi 7 kartu secara acak kepada masing-masing pemain. Kemudian, ambil satu kartu dari tumpukan kartu tertutup sebagai tolak awal jalannya permainan, dan sisa tumpukan kartu tertutup itu digunakan sebagai kartu yang akan diambil pemain yang terkena pinalti. Selanjutnya, pemain giliran pertama melawan kartu bukaan tadi dengan warna yang sama atau angka yang sama dilanjutkan giliran pemain kedua, ketiga dst. sesuai dengan kartu yang di buang oleh pemain sebelumnya.

Ketika kartu di tangan tersisa dua kartu, maka setelah membuang kartu berikutnya (sehingga kartu ditangan tersisa satu kartu), maka pemain yang bersangkutan WAJIB mengatakan "UNO!" sebelum lawan menunjuk pemain yang bersangkutan sambil meneriaki "UNO!". Jika tidak, maka pemain yang kartunya tinggal satu tadi akan terkena pinalti.

Intinya, pemenang UNO adalah pemain pertama yang telah menghabiskan kartu yang ada ditangannya.


MANFAAT BERMAIN UNO
Bermain UNO juga punya manfaat lain dari sekadar hiburan. Yaitu dapat merangsang otak kiri maupun otak kanan. Pemain akan mengandalkan otak kiri untuk berpikir logika dan eksak. Sedangkan otak kanan juga terangsang ketika mereka berinteraksi dan memikirkan strategi.

Bermain kartu uno dapat membentuk emosi dan kejujuran seseorang. Ini terlihat saat mereka menerima kemenangan atau kekalahan. Sehingga permainan ini memang membutuhkan IQ (intelligence quotient), EQ (emotional quotient), dan SQ (spritual quotient).

Selamat bermain UNO ya temen-temen :D

-Filia-

Comments

Rinda said…
wah kk tw uno wqt sma,,,seru jg y fia main ini^__^
Anonymous said…
waaa ... Uno ..
Mainan ku di handphone tuh, pas lagi bosen, mulai mainin tu game.

seruu ...
orang biasa menang kok, hhaa ...
narsis ..
Filia said…
@kak rinda: iya kak seru main uno hihi

@sepatujebolku: haha.. emang seru, sampe2 bikin ketagihan
Awan said…
wahh,,
mpe lengkap gitu informasi ttg UNOnya..
hmm,, salut.

kira2 org2 tau gak ya sejarahnya permainan "loncat karet",,
hmmm..
Ria Nugroho said…
blum pernah nyobain uno hehehe :p
tp kayaknya seru yah

oh iya award dari kamu udah aku pasang makasih ya ^____^
tony said…
ketagihan, hhaa ...
bener jg siy.

oke deh pokoknya :)
pencari ilmu said…
kalau aku baru nyoba main pas di kost2annya kakak kelasku, mbak.. :-)
seru dahh....
maennya smpe jam set 12 malam...
hehe,,

Popular Posts

Drunken Series

Peucang, Surga di Ujung Barat Pulau Jawa (Bagian 3)