Friday, 26 March 2010

UN Selesai...!!!!

Kangen banget banget banget pengen posting apa ajaaaa....
Alhamdulillah....
Akhirnya UN (Ujian Nasional) selesai juga *sujud syukur* (hehehe)

UN udah selesai dan rasanya setengah lega. Lho kok setengah? Because.. setelah ini masih ada Ujan Sekolah dan Ujian Praktek. Yah, tapi seenggaknya hal terberat di masa tersulit ini udah terlewati. sekarang tinggal berharap-harap cemas nunggu hasil UN-nya. Dan berharap hasilnya sesuai harapan. Amiin..

kartu peserta UN 2010

Ehm, selama UN banyak banget kejadian yang pengen filia share tapi sayangnya ga ada dokumentasi berupa gambar yang bisa filia bagi disini. Cuma sedikit cerita yang filia punya..

Hari Pertama UN (Senin, 22 Maret 2010)
Pertama datang masuk lewat gerbang sekolah dengan cemas tapi engga sampe keringat dingin. Setelah semalaman engga bisa tidur mikirin bentuk soal yang bakal dihadapi seperti apa (kayak orang engga pernah ikut TO aja dah). Daaaann.. Sesampainya di depan pintu ruang 13 (ruangan dimana filia harus ngerjain soal-soal UN) dengan angka keramat "13", ternyata pintunya masih disegel. Well, harus nunggu sekitar 30 menit sampai bel tanda masuk berbunyi. Untuk UN pelajaran pertama di hari pertama adalah Bahasa Indonesia, pengawasnya baiiiiikkk. Perhatian ke siswa, dari mulai ngecek lembar jawaban kita satu persatu ada kecacatan atau engga, sampe rela naik turun gedung sekolah buat nukerin lembar jawaban yang ada kecacatan.
Tapi saat UN jam ke-2 (Sosiologi) pengawasnya ampun-ampunan deh. maleeeesss banget sangat, kontras banget dengan pengawas yang pertama. Masa lembar jawaban temen (sebut saja EF) basah kena air minum malah bilang, "Dikipas-kipas aja LJK-nya, nti juga kering sendiri." Jelas aja nyaris seluruh siswa di ruang 13 teriak ngebela EF. Gimana engga, namanya UN itu kan nentuin masa depan, Paaaakkk!!

Hari Kedua UN (Selasa, 23 Maret 2010)
UN di hari kedua dst cuma satu pelajaran sehari. Untuk jadwal di hari ini adalah Bahasa Inggris. Untuk Bahasa Inggris sih Alhamdulillah engga ada kesulitan yang berarti.
Eh, tapi di hari ini juga ada berita heboh tentang UN di Propinsi Banten. Menurut kabar berita yang filia terima melalui pesan singkat (SMS), ada kebocoran kunci jawaban UN di beberapa sekolah di Kota Serang dengan modus yang dilakukan adalah melalui SMS dan filia kenal beberapa orang yang diinterogasi oleh pihak kepolisian sebagai saksi tentang kasus ini. Yang lebih nyebelin lagi, sekolahku tercinta namanya ikut terseret. Aaaaaa!!! Tidaaaaakkk!!
Tapi seperti kata kepala sekolah kepada salah satu koran lokal, "Saya tidak percaya siswa SMANSA percaya dengan kunci jawaban yang beredar". Yup, bener itu, Pak. Saya juga yakin kunci yang beredar itu engga menjamin kita lulus UN, tapi yang ada justru sebaliknya. Siapa tau di luar sana ada oknum yang senang mengacak-acak program pemerintah ini dengan ngasih kunci jawaban palsu.
Hmmmm.. Setiap tahunnya pasti ada aja kejadian seperti ini tapi pemerintah masih pantang mundur untuk terus ngadain UN.
Filia cuma berharap, untuk tahun berikutnya engga ada lagi kecacatan dalam pelaksanaan UN.

Hari Ketiga UN (Rabu, 24 Maret 2010)
Hari ini adalah waktunya UN untuk mata pelajaran yang paling filia takutin. What's that? Yup, MATEMATIKA. Tapi entah karena ketenangan dalam ngerjain soal atau mungkin karna persiapan yang matang, filia justru lancar-lancar aja nyelesaiin soal-soal Matematika. Jujur, untuk sekian lama filia baru pertama kali berhadapan dengan Matematika lebih mudah dibanding dengan Bahasa Indonesia.

Hari Keempat (Kamis, 25 Maret 2010)
Pelajaran yang 3 bulan belakangan baru filia senangin ini (Geografi) ternyata engga semudah dan semenyenangkan waktu filia ngerjain soal-soal Try Out-nya. Kenapa? Karena dari 50 soal HANYA ada 2 atau 3 soal itungannya. Padahal semalam suntuk belajar geografi banyak banget latihan soal itungan yang harus menghafal rumus. Tapi kenyataannya, soal yang keluar engga seperti yang dibayangin dan engga seperti soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya.
Haaaaaaaaa!!!!!
Benar-benar nyebelin banget banget banget.

Hari Kelima (Jumat, 26 Maret 2010)
Ekonomi (termasuk Akuntansi) di hari terakhir UN. Awal ngerjain soalnya sih ngerasa gampang, ditambah lagi pengawasnya super baiiiiiiikkk dan interaktif dengan peserta UN. Tapi, begitu udah sampe tengah-tengah soal, sial banget deh soalnya makin ngebingungin, apalagi jawabannya. Dan jujur aja, dari sekian buah mata pelajaran yang di-UN-kan, Ekonomi-lah yang paling sulit, menurut filia pribadi. Padahal selama Try Out, Ekonomi termasuk pelajaran yang tanpa belajar pun filia bisa ngerjain soalnya dengan tuntas dan dapat hasil yang bagus.

Terlepas dari itu semua, filia cuma berharap hasil dari UN-nya sesuai harapan. Pengennya sih kayak waktu UN SMP gitu, engga ada pelajaran yang nilainya di bawah 8. Amiin..

-Filia-

No comments:

 


Designed by Filia