Sunday, 28 March 2010

Alergi Udang

Siapa yang engga kenal dengan makanan di samping? Pasti semua juga tau kalo itu adalah udang. Udang galah goreng dengan sambal kecap. Hmmm enaaaaakkk...

Tapi sayangnya filia engga bisa bebas makan udang. Kenapa? Yup, seperti judulnya, karena alergi udang. Buat temen-temen yang (mungkin) alergi udang mudah-mudahan pengalaman filia ini bisa sedikit membantu :D

Orang yang alergi udang (kayak filia ini) emang engga enak ya. Setiap abis makan udang pasti gatel-gatel kayak gejala penyakit kaligata (urtikaria) gitu. Padahal udang itu enak banget deh, tapi sayangnya engga enak efek sampingnya. Tapi filia punya siasat sendiri supaya tetep bisa makan udang. Caranya, 15-30 menit setelah makan udang dilanjutkan dengan minum antihistamin. Biasanya antihistamin yang dipake dextamine (tablet campuran antihistamin dan kartikosteroid), engga tau kenapa tapi mungkin udah cocok aja. Dan biasanya setiap abis minum dextamine pasti ngantuk. Emang sih, penggunaan antihistamin ini engga menjamin si pengguna terbebas dari histamin. Tapi seenggaknya meminimalisir resiko terkenanya alergi.

Walaupun demikian, sebenernya penggunaan antihistamin terlalu sering juga engga baik karena setiap obat pasti ada aja efek samping yang merugikannya. Makanya filia egga bisa sering-sering makan udang karena engga mau tergantung dengan antihistamin. Yaa paling sesekali aja boleh dooong. hehehe.... *maksa*

Menurut info yang filia dapet, orang yang alergi terhadap udang itu wajar karena udang merupakan hewan yang mempunyai histamin dalam tubuhnya sehingga pada dasarnya setiap orang bisa mengalami hal ini. Tapi biasanya kandungan histamin lebih banyak ditemui pada udang yang kurang segar. Maka dari itu, kalo temen-temen mau mengkonsumsi udang hendaknya pilihlah udang yang masih segar, ada kemungkinan alergi ditimbulkan oleh histamin yang terkandung pada udang yang kurang segar (telah disimpan dalam lemari pendingin). Udang dengan kadar histamin tinggi juga sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan hilang kontrol (pingsan).

Well, filia juga mau berbagi sedikit tentang alergi udang yang didapet dari Yahoo! Answer.

Umumnya, reaksi alergi yang paling sering dijumpai adalah reaksi yang ringan, yaitu timbul ruam tanpa gejala-gejala lain.

Bila serangannya ringan berupa gatal-gatal dan timbul ruam, bisa diberikan antihistamin oral berupa sirup atau tablet, dan antihistamin lokal serta obat-obat lain penawar alergi.

Kalau kebetulan anda berlibur di sekitar pantai, bawalah obat tersebut saat anda berlibur bersama keluarga. Reaksi alergi berat seperti sesak napas, tentu membutuhkan pertolongan dokter.

Cara paling praktis menghindari alergi makanan olahan hasil laut tentu dengan tidak mengonsumsinya. Namun, perlu diingat bahwa makanan laut disamping enak juga mengandung bermacam nutrisi yang antara lain penting buat perkembangan otak.

Kalau anda memang alergi makanan hasil laut, anda harus berkonsultasi kepada seorang ahli gizi. Selanjutnya, ahli gizi dapat memberikan pengaturan menu yang layak sebagai pengganti protein dari makanan hasil laut.


Untungnya filia cuma alergi udang, engga semua seafood. Seenggaknya berarti bisa bebas makan seafood selain udang, tapi harus yang masih segar tentunya.

Buat temen-temen yang alergi dengan semua seafood jangan kecil hati. Masih banyak makanan lezat dan sehat yang berprotein tinggi selain seafood.

-Filia-

10 comments:

loopdreamer said...

wah sayang ya... padahal enak banget tuh makanan... hehehehe...

tapi gak masalah sih... seperti katamu, masih banyak makanan lezat launnya menunggu untuk disantap... hehehehe

Mcdoans Jack said...

yaah, coba deh makan udang tapi di toko yang bener-bener hygienis.. kakaknya mcdoans juga gitu, alergi sama udang kotor..

Filia said...

loopdreamer: ya, betul itu :D

Mcdoans Jack: oooh, ok thanks rekomendasinya :)

Rinda said...

duh untung gda alergi sm apapun,smw mknn kk makan,,haha ^0^

mkn ikan laut jg ktanya hrs hati2 fia,ada histaminnya jg..

dEvi said...

waa sayanng bgd yah, alergi udang..
udang emang enak bgd, apalagi yg difoto itu..bikin ngilleeerr :D

Filia said...

kak rinda: wah enaknya.. eheheh..
iya, rata2 hewan laut pd punya histamin ka

devi: banget. aku jg ngiler liatnya
:D

Sea Heaven said...

lebih baik tidak makan udang. karena tinggi LDL alias lemak jahat.

Justru saya merasa diberi anugerah sebagai orang yang alergi makan seafood. karena badan saya dapat mendeteksi adanya racun di makanan saya.

jangan makan kerang juga, karena fungsinya di alam adalah sebagai filter. jadi si kerang akan menyerap semua sampah lautan. bagaimana jadinya jika kita makan kerang yang menyerap banyak logam berat?

begitu juga dengan kepiting. tahukah kamu bahwa kepiting itu sebenarnya pemakan bangkai?

Filia said...

oohh.. gitu yaa.. baru tau klo makanan kerang dan kepiting begitu.
makasih infonya ^^

spicanez said...

saya kalo makan udang ga gatel2, tapi jadi mual n pusing, termasuk alergi gak ya? biasanya ikan laut ato kepiting jg bikin gitu.

Filia said...

wah kalau itu saya juga kurang tau hehehe

 


Designed by Filia